Selamat Milad Ke-66 UM Sumatera Barat

UM Sumatera Barat
Frans Fradinen, Alumni, dan Staff Humas UM Sumatera Barat (Taken by: Ichsan Rozeno)

Sumbartodaynews.com – Kamis 18 November 2021 Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat genap berumur 66 tahun. Jika berpatokan pada umur manusia UM Sumatera Barat sudah banyak melewati lika-liku kehidupan dan jatuh bangun.

Namun berbagai halangan dan rintangan tersebut tidak serta merta menyurutkan semangatnya untuk terus tumbuh dan berkembang hingga berdiri gagah juga bersinar seperti sekarang.

Maka dari itu saya Frans Fradinen, ST selaku alumni, sekaligus staff humas UM Sumbar mengucapkan selamat Milad ke 66 kepada UM Sumatera Barat. Semoga dengan bertambahnya usia, dengan begitu banyak pengalaman UM Sumatera Barat akan semakin cemerlang menuju masa depan.

Perayaan milad UM Sumatera Barat kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya terpusat pada satu kampus saja seperti kota Padang ataupun kota Bukiktinggi. Tahun ini milad UM Sumbar digelar serentak di 4 kota besar di Provinsi Sumatera Barat, yaitu kota Padang, kota Padang Panjang, kota Bukiktinggi, dan kota Payokumbuah. Perayaan milad yang digelar serentak ini akan disiarkan secara langsung melalui akun youtube Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat pada hari Senin, 21 November 2021.

Sejarah Singkat UM Sumatera Barat

Bersamaan Milad Muhammadiyah ke 43, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Berdiri pada 18 November 1955 di Padang Panjang dengan fakultas pertama ialah Fakultas Falsafah dan Hukum. Namun pada 1958, karena ada pergolakan daerah Fakultas ini terhenti. Tahun 1964 dibuka Akademi Kulliyatul Muballighin. Berdasarkan SK PP Muhammadiyah No. 24/UM/X/1965 tanggal 10 Maret 1965, Akademi Kulliyatul Muballighin diubah menjadi Fakultas Ilmu Agama Islam Jurusan Dakwah, sebagai kelanjutan Fakultas Falsafah dan Hukum. Pada tahun yang sama dibuka pula Fakultas Teknik di Sawahlunto.

20 Desember 1964, berdiri Akademi Niaga Muhammadiyah di Bukittinggi, setahun kemudian ditingkatkan menjadi Fakultas Ekonomi. 10 Desember 1966 berdiri Fakultas Syariah di Padang yang tahun sebelumnya bernama Fakultas Adab. Selain itu berdiri Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di Solok, berdasarkan SK MIPTI PP Muhammadiyah No. 01/SPTDP/MIPTI/1966 tanggal 10 Desember 1966.

Tahun 1967 dibuka Filial Fakultas Hukum di Bukittinggi. Pada 15 April 1967 Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat berubah menjadi Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat dan Fakultas  Ekonomi menjadi Akademi Manajemen Muhammadiyah, sedangkan Fakultas Teknik berhenti sementara.

Pada 1983 diresmikan STKIP Muhammadiyah Padangpanjang, ST Teknik di Bukittinggi dan Sekolah Tinggi Pertanian di Payakumbuh. Tahun 1985, berdasarkan SK Mendikbud RI No. 0125/O/1985, diintegrasikan Sekolah Tinggi Hukum Muhammadiyah di Bukittinggi dan Akademi Manajemen Muhammadiyah di Padang ke dalam naungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat di Padang.

Pada 1995/1996 dibuka Fakultas Kehutanan, memperoleh status terdaftar dari Dirjen Dikti Depdikbud RI berdasarkan SK No. 100/Dikti/Kep/1996.

Pada 2002, berdasarkan SK Dirjen Binbaga Islam Depag RI No. DI.II/380/2002 tanggal 13 November 2001, Universitas Muhammadiyah Sumatera Selatan membuka program paska sarjana (S2) Program Magister Ilmu Agama Islam dengan Konsentrasi Syariah (Hukum Islam) dan Tarbiyah (Pendidikan Islam).

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan