Sumbar Bertekad Jadi Provinsi Pelopor Perhutanan Sosial, Proyek SSF Gubernur Mahyeldi Luncurkan

Padang, Sumbartodaynews.com- Sumbar Bertekad Jadi Provinsi Pelopor Perhutanan Sosial, Proyek SSF Gubernur Mahyeldi Luncurkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadikan Sumbar sebagai pelopor implementasi semangat perhutanan sosial di Indonesia. Diantaranya dengan perluasan areal perhutanan sosial serta berupaya menjadikan lokasi dan kelompok perhutanan sosial sebagai basis dalam pembangunan kehutanan ditingkat tapak.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi saat membuka acara Peluncuran Proyek Penguatan Perhutanan Sosial Provinsi Sumbar (SSF Project) di Hotel Mercure, Padang, Jumat (8/10/2021).

Gubernur atas perhatian Kementerian LHK dan lembaga donor Bank Dunia atas program SSF di Sumbar. Buya Mahyeldi menilai Proyek SSF senilai 14,7 juta Dolar AS yang dipusatkan di 45 desa sasaran di Kabupaten 50 Kota ini sangat tepat dan dapat berfungsi sebagai tambahan tambahan dalam proses penyelenggaraan Perhutanan Sosial selain peran Dinas Kehutanan/KPH/NGO.

Baca Juga  Baglog Polres Sijunjung Supervisi Logistik ke Polsek Sumpur Kudus

Kita menyadari 81,97 Desa/Nagari di Provinsi Sumbar berada di dalam dan di sekitar hutan, dengan jumlah penduduk yang cukup besar dan tingkat kemiskinan yang cukup signifikan. Umumnya mata pencaharian bertani dengan lahan yang terbatas. Dengan akses mengelola kawasan melalui Perhutanan Sosial ini bisa menambah luas lahan usaha, jenis komoditas dan nilai tambah produk kehutanan tapi menjaga kelestarian hutan,” ujar gubernur.

Fajar/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan