TKSK Timpeh : Zero Kemiskinan Extrem Zero Stunting dan Sukses Imunisasi Polio

0

 

TKSK Timpeh : Zero Kemiskinan Extrem Zero Stunting dan Sukses Imunisasi Polio. DHARMASRAYA, SUMBAR TODAY NEWS COM   — Kamis, 2/3/2023 Taratak Tinggi, pada hari ini Kamis 2 Maret 2023 TKSK (Tenaga Kesejahteraan sosial Kecamatan) Timpeh Mengikuti Kegiatan Verifikasi Masyarakat Yang Masuk Kedalam Kategori Ekstrim di Nagari Taratak Tinggi Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya.

Masyarakat Miskin Extrem adalah Masyarakat yang memiliki penghasilan 20.000/Hari (dua puluh Ribu perhari) Kemudian Masyarakat tersebut khawatir apa yang akan di makan atau konsumsi untuk Esok Pagi, Selain itu Kemiskinan extrem ada juga yg mendefinisikan sebagai berikut Kemiskinan Ekstrem adalah kondisi ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, yaitu makanan, air bersih, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan dan akses informasi terhadap pendapatan dan layanan sosial.

 

Dalam Hal ini Wali Nagari Bersama TKSK (Tenaga Kesejahteraan sosial Kecamatan) Timpeh melakukan Verifikasi Faktual dan Menelaah Apakah Betul Masyarakat Yang terdata Sebagai Masyarakat Ekstrim Betul Adanya, Dalam Sambutan nya TKSK Timpeh Dayat mengatakan “Tentu data ini akan kita laporkan ke Dinas Sosial Kabupaten Dharmasraya setelah kita melakukan Verifikasi Faktual, Kemudian Masyarakat yang terdata Sebagai Masyarakat Ekstrim wajib mendapatkan Bantuan BLT yang di anggarkan dari Dana Desa Jika tidak terdaftar sebagai penerima Bansos lainya Agar Kedepan Tidak ada lagi masyarakat Kecamatan Timpeh bebas dari Masyarakat yang Masuk Kedalam Kategori Ekstrim Tersebut.

 

Kemudian Dayat pun menyampaikan Disela Sambutan nya Selain Kita Harus menuntaskan Masyarakat Ekstrim Kita juga Harus menuntaskan Anak-anak Yang Masuk dalam Kategori Stunting, Stunting adalah sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya. Tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika dan tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. Faktanya, faktor genetika memiliki pengaruh kecil terhadap kondisi kesehatan seseorang dibandingkan dengan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan. Biasanya, stunting mulai terjadi saat anak masih berada dalam kandungan dan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun. Banyak Cara untuk Mencegah Terjadinya Stunting, Bahkan Sekian Persen dari Dana Desa yang di Kucurkan Oleh Pemerintah wajib menganggarkan untuk penjegahan Stunting Seperti Pemberian Makan Tambahan dan Lain-lain.

Yang Tidak Kalah pentingnya dalam Waktu Dekat Pemerintah Pusat akan Melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional Polio, Maka dari itu kami menghimbau kepada semua lapisan Masyarakat Untuk membawa Anaknya (usia 59 bulan Kebawah) Ke Posyandu atau Poskesri atau Pos Lainya Yang Melaksanakan Kegiatan Imunisasi Polio.

 

Dalam Kegiatan ini Turut Hadir Wali Nagari Taratak Tinggi, Bamus Taratak Tinggi, Babinsa Nagari Taratak Tinggi dan Bapak Ibuk Kepala Jorong Se-Kenagarian Taratak Tinggi.

 

DR

Tinggalkan Balasan