Tumpukan Sampah  di Kawasan Kantor Bupati Solok Timbulkan Bau Tak Sedap

0

Tumpukan sampah di kawasan Kantor Bupati Solok

Solok, Sumbatodaynews – Sampah yang dihasilkan dari limbah rumah tangga yang dibuang sembarangan di pinggir jalan sekitar kawasan Kantor Bupati Solok atau tepatnya di depan kantor BPJS Aro Suka, mulai menebar hingga menimbulkan bau busuk dan mengganggu pengguna jalan yang melintas, Rabu (26/7).

Sampah limbah rumah tangga tersebut diduga sengaja dibuang sembarangan oleh  warga yang sengaja melintas di kawasan itu.

Tumpukan sampah itu menimbulkan bau tak sedap nan menyengat dan mengganggu kenyamanan  khalayak umum. Disamping itu, keberadaan sampah yang berada di tepi jalan menjadi bahan pemandangan yang tidak elok.

Usai dikonfirmasi dengan pihak terkait yakni DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Pemda Kabupaten Solok yang saat itu turut hadir ketua LSM Penjara DPD Sumbar, Yondri Tanjung melalui sekretaris DLH Pemda Kabupaten Solok, Zulhaimi angkat bicara dikarenakan saat itu Kadis DLH tidak berada ditempat.

Zulhaimi membenarkan adanya tumpukan sampah di beberapa titik di kawasan Aro Suka yang menimbulkan bau tak sedap hingga mengakibatkan sumber air menjadi tercemar.

Dia menyebut terkait pembuangan sampah ini sudah berkali-kali dihimbau untuk tidak melakukan hal serupa yakni dengan memasang papan baliho dan pamplet berisikan larangan membuang sampah di tempat tersebut. Namun sayangnya papan larangan itu selalu hilang dan indikasi dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan Perda Kabupaten Solok No. 07 tahun 2018, yang memuat pernyataan bilamana kedapatan membuang sampah ditempat tersebut maka akan dikenakan denda dan pidana 3 bulan kurungan. Namun masyarakat setempat sama sekali tidak mengindahkan larangan tersebut.

Jadi solusinya lanjut Zulhaimi, pihaknya akan mengadakan kerja sama dengan masyarakat melalui Pemerintah Nagari agar masyarakat sadar dan tidak lagi melakukan hal serupa serta tidak melakukan hal yang mengakibatkan lingkungan menjadi tercemar.

Masri Sinapa

***

Klik Disini Untuk Bergabung Bersama Fanpage SUMBARTODAYNEWS Agar Tidak Ketinggalan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

Klik Disini Untuk Mengikuti Grup SUMBARTODAYNEWS Untuk Selalu Update Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

Klik Disini Untuk Mengikuti Twitter SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

***

Tinggalkan Balasan