UM Sumbar Raih Mahasiswa Asing Penuh Waktu Pertama

Mahasiswa asing pertama UM Sumbar

Sumbartodaynews  – Untuk pertama kalinya Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat meraih mahasiswa asing penuh waktu, mahasiswa  asing pertama UM Sumbar tersebut bernama Hussein Abdulqader Abdulaziz yang berasal dari Yaman dan mengambil jurusan S2 Pendidikan Agama Islam. Sebelumnya UM Sumbar sudah memiliki 8 orang mahasiswa asing melalui program pertukaran mahasiswa internasional yang berasal dari Amerika Serikat, dan Australia.

Memperoleh mahasiswa asing merupakan suatu kebanggaan bagi perguruan tinggi, sebab hal itu membuktikan jika lembaga pendidikan tersebut telah memperoleh kepercayaan masyarakat internasional. Dengan demikian perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa asing akan lebih di lirik dan diminati untuk melanjutkan pendidikan.

Direktur program pasca sarjana UM Sumbar, Dr. Mahyudin Ritonga, MA mengatakan, alhamdulillah kali ini kita mendapatkan mahasiswa asing pertama UM Sumbar. Tentu ini menjadi suatu hal yang luar biasa sekaligus membuktikan bahwa UM Sumbar semakin di lirik oleh berbagai kalangan tanpa terkecuali.

Baca Juga  Kapolres Pasaman Barat Agung Basuki, S.I.K., M.M Pimpin Apel Pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2023

“Mahasiswa asing pertama UM Sumbar ini bernama Hussein Abdulqader Abdulaziz, dia berasal dari Yaman dan merupakan lulusan dari Universitas Aden Yaman, beliau mendaftar di program pasca sarjana UM Sumbar,” kata Mahyudin menjelaskan.

Menurut Hussein dia ingin melanjutkan studi di UM Sumbar karena banyak membaca tulisan Dosen dan mahasiswa pasca sarjana yang telah di publikasi di berbagai jurnal, hal ini membuatnya tertarik untuk bergabung dan menuntut ilmu di UM Sumbar. Selain itu dia ingin mendapat pengalaman baru terkait tatacara publikasi di jurnal internasional bereputasi, ungkap Mahyudin.

Tentu kita akan selalu bersinergi dan menguatkan berbagai relasi agar lembaga kita semakin dikenal, tidak hanya di dalam tapi juga ke luar negeri. Melalui Hussein kita akan mengenalkan kampus ini di negara asalnya terutama kepada orang-orang terdekat, kata Mahyudin menjelaskan.

Baca Juga  Korban Pelecehan Terus Bertambah, Polisi Ungkap Fakta Mengejutkan

Sementara itu Rektor UM Sumbar, Dr. Riki Saputra, MA mengatakan, dipilihnya Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat oleh mahasiswa asing merupakan bukti bahwa kampus ini memiliki keunggulan, dan mampu bersaing di kancah internasional. Kehadiran mahasiswa asing dapat meningkatkan reputasi kampus dan menguatkan kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di kampus ini.

Frans Fradinen

***
Ayo Bergabung Bersama Fanpage SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

Ikuti Grup SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

Ikuti Juga Twitter SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

***

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan