Usai Geledah Kantor Kemenhub, KPK Amankan Uang Tunai Rp 5,6 Miliar

0

Penggeledahan Kantor Kemenhub

Sumbartodaynews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan uang sejumlah Rp 5,6 miliar dari hasil penggeledahan di lingkungan Kementerian Perhubungan pada dua hari berturut pada 13 sampai 14 April 2023.

Selain itu, Ali Fikri, Kepala Bagian Pemberitaan KPK juga mengungkapkan bahwa pihaknya turut menemukan sejumlah dokumen terkait proyek di Dirjen Perkeretaapian. KPK pun menyita seluruh barang temuan tersebut untuk dianalisis dan melengkapi berkas perkara penyidikan.

Penggeledahan yang dilakukan oleh KPK berkaitan kasus suap di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, terkait pembangunan jalur kereta api tahun anggaran 2018-2022.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, uang hasil penggeledahan tersebut terdiri dari pecahan asing dan rupiah.

“Diamankan dalam rangkaian penggeledahan dimaksud bukti uang tunai dengan jumlah Rp 1,8 miliar dan USD 274.000. Atau seluruhnya setara senilai Rp 5,6 miliar,” kata Ali, Senin (17/4/2023).

Penggeledahan dilakukan di empat lokasi berbeda, yakni kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kantor Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, rumah salah satu tersangka, dan kantor pihak swasta.

“Analisis berikut penyitaan segera dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan,” kata Ali.

Adapun Nilai suap dalam kasus ini mencapai Rp 14,5 miliar. KPK telah menetapkan 10 tersangka yang terdiri dari empat orang dari pihak swasta selaku pemberi suap. Mereka adalah Direktur PT Istana Putra Agung, Dion Renato Sugiarto; Direktur PT Dwifarita Fajarkharisma, Muchamad Hikmat; mantan Direktur PT KA Manajemen Properti, Yoseph Ibrahim; dan VP PT KA Manajemen Properti, Parjono.

Sedangkan enam tersangka lainnya terdiri dari penerima suap, yakni Direktur Prasarana Perkeretaapian Harno Trimadi, , PPK BTP Jabagteng Bernard Hasibuan, Kepala BTP Jabatan Putu Sumarjaya, PPK BPKA Sulsel Achmad Affandi, PPK Perawatan Prasarana Perkeretaapian Fadliansyah dan PPK BTP Jabagbar Syntho Pirjani Hutabarat.

***

Klik Disini Untuk Bergabung Bersama Fanpage SUMBARTODAYNEWS Agar Tidak Ketinggalan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

Klik Disini Untuk Mengikuti Grup SUMBARTODAYNEWS Untuk Selalu Update Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

Klik Disini Untuk Mengikuti Twitter SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

***

Bagikan

Tinggalkan Balasan