Wakil Gubernur Menghadiri Silarurahmi Dan Pengukuhan Pengurus Kombongan Sang Torayan Kolaka Utara

0

Sulawesi Tenggara, Sumbartodaynews – Wakil Gubernur Menghadiri Silarurahmi Dan Pengukuhan Pengurus Kombongan Sang Torayan Kolaka Utara. Acara ini mempunyai dua semboyan yang berlaku pada masyarakat toraja diseluruh dunia, yaitu “Sang Rodoan Tingting Sang Tirimbakan Payo-Payo” yang mempunyai makna “Satu orang yang dituakan dalam pengambilan sikap, maka semua harus mengikutinya” kemudian “Misa’kada dipotuo pantan kada dipomate” yang mempunyai makna “Satu kata dalam kehidupan, pantang mengingkari janji”.

Wakil Gubernur menghadiri acara tersebut yang diundang oleh panitia pelaksana Pengukuhan organisasi kerukunan masyarakat toraja yang diselenggarakan di alun-alun Kab. Kolaka Utara.

Kedatangan Wakil Gubernur disambut oleh pengurus kombongan sang torayan bersama bupati Kolaka Utara, Nurrachman Umar yang ditandai dengan kalungan bunga berupa sarung yang dihias sedemikian rupa dengan satu filosopi yaitu sarung merupakan pakaiaan yang dipakai siapa saja cocok serta tari selamat datang.

Perayaan Silaturahim dan Pengukuhan ini dihadiri juga Bupati Kolaka Utara, Ketua DPRD Kab. Kolaka Utara, Dandim Kab. Kolaka Utara, Kapolres Kab. Kolaka Utara, Ketua KADIN Prov. Sultra, Forkopimda Kab. Kolaka Utara, Ketua PMTI Prov. Sultra, seluruh kepala SKPD lingkup kab. Kolaka utara, Para Kepala Kelurahan/desa se kab. Kolaka Utara, para ketua paguyuban, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta masyarakat toraja yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara.

Bupati Kolaka Utara mengukuhkan pengurus Kombongan Sang Torayan sebagai organisasi masyarakat yang berada diwilayah Kab. Kolaka Utara, kemudian menyerahkan pataka Kombongan Sang Torayan kepada Ketua Umum organisasi masyarakat tersebut, yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara.

Setelah pengukuhan pengurus, Ketua Paguyuban Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) selaku pemangku adat toraja mengangkat Wagub Sultra dengan memberikan anugrah kehormatan kepada bapak Dr. H. Lukman Abunawas, SH., M.Si., MH sebagai warga kehormataan orang toraja di Sulawesi Tenggara dengan gelar TA’DUNG KALUA LINDO MAIRI (Memayungi, melindungi orang banyak/ Pemimpin yang melindungi masyarakat)

Selanjutnya, dalam sambutan Wakil Gubernur menyampaikan “atas nama pemerintah provinsi sulawesi tenggara dan atas nama pribadi, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus yang baru saja dilantik oleh Bupati Kolaka Utara dan terima kasih kepada PMTI yang telah menagruhkan kepada saya sebagai warga kehormatan dalam paguyuban toraja”.

Selain itu, Wagub mengatakan “Organisasi kombongan sang torayan kolaka utara, merupakan manifestasi dari kekompakkan/kebersamaan yang selalu dirindukan masyarakat toraja dalam kehidupan sosial kemasyarakatan yang telah ada sejak jaman dahulu”.

Diaspora masyarakat toraja diseluruh pelosok tanah air, teristimewa di Sulawesi Tenggara memiliki arti penting bagi pemerintah, karena turut serta memberikan kontribusi positif dalam proses pembangunan, kata Wakil Gubernur meneruskan sambutannya tanpa teks.

Diakhir sambutannya, Wakil Gubernur Sultra melantunkan sebuah pantun teristimewa bagi masyarakat warga toraja dan masyarakat warga kolaka utara, yaitu :

JALAN-JALAN KE KOLAKA UTARA

TAK SENGAJA BERTEMU SI MANIS

SALAM SAYA LUKMAN ABUNAWAS

UNTUK SELURUH MASYARAKAT TORAJA.

Prosesi selanjutnya, acara Silaturahim ini di isi oleh pertunjukan seni budaya toraja sampai persembahan musik bambu sampai selesai *.*

Feriasisca/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan