Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Kunjungi Kampung Batik Giriloyo

0

SumbarTodaynews Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, melakukan kunjungan ke Kampung Batik Giriloyo Kabupaten Bantul. Kunjungan terkait dengan ingin mengetahui proses membatik tulis di Kampung Batik Giriloyo. Sabtu (9/10/2021).

Sesampai di Kampung Batik Giriloyo Wamen Kemenparekraf RI disambut oleh pengurus Kampung Batik Giriloyo. Hadir pula dalam kunjungan Ibu Wakil Bupati Bantul, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kepala Dinas Pariwisata Bantul dan Panewu Imogiri. Angela Tanoesoedibjo menyempatkan diri untuk melihat-lihat batik dan bertanya kepada pengurus terkait proses pembuatan batik.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan bahwa Wakil Menteri Parekraf sangat penasaran dengan batik tulis yang berada di kampung batik Giriloyo yang merupakan sentra terbesar batik di Indonesia. Sehingga ingin membuktikan dan mencoba langsung cara membuat batik.

“Kedepan batik tulis ini akan dibantu untuk dipromosikan, dipublikasikan sekaligus dipasarkan mudah mudahan nanti yang mempromosikan langsung ibu Wamen dampaknya lebih luas lagi,” katanya.

Selain itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menambahkan bahwa Wamen Parekraf berpesan bahwa batik itu sangat luar biasa dan beliau mendapatkan pengalaman baru secara langsung mempraktekkan cara membatik.

Sementara Ibu Wakil Bupati Bantul Dwi Joko Purnomo berharap ditengah pandemi para pengrajin batik tetap harus berkarya, jangan sampai warisan budaya ini berhenti sampai disini tetapi harus terus dilestarikan agar generasi mudapun mencintai batik dan mempunyai kesempatan berminat untuk membatik.

#wamenkemenparekraf
#sentrabatikgiriloyo

Givan/Hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan