Wako Hendri Septa Sambut Baik Pemilihan Ketua KAN Pauh IX

PADANG,Sumbartodaynews.com – Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan selamat dan sukses atas digelarnya musyawarah pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX untuk periode 2021-2026.
Sebagaimana pelaksanaan kegiatan yang sangat penting bagi keberlanjutan kepemimpinan kepengurusan KAN di Kanagarian Pauh IX itu, dilangsungkan di Kantor KAN Pauh IX, Minggu (22/8/2021).
Selain dihadiri Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan Tokoh Adat serta lara Penghulu di Kanagarian Pauh IX, terlihat hadir Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman yang juga Ketua FKAN Pauh IX, Camat Kuranji Eka Putra Buhari, Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, Ketua LKAAM Pauh IX Kuranji Hendri Yazid Dt Rajo Diguci serta unsur Forkopimca Kecamatan Kuranji.
Juga hadir dari unsur Pemko Padang diantaranya Kepala BKPSDM Arfian, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis yang juga Anak Nagari Pauh IX serta para lurah se-Kecamatan Kuranji.
“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang, kita mengucapkan selamat atas diselenggarakannya musyawarah pemilihan Ketua KAN Pauh IX beserta kepengurusan yang baru nantinya untuk masa bakti periode 2021-2026. Tentu besar sekali harapan kami hasil musyawarah ini akan melahirkan ketua dan kepengurusan KAN Pauh IX yang baru. Di samping menjalankan fungsi dan programnya, juga diharapkan bisa senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Kota Padang tentunya,” sebut Wako Hendri Septa kepada wartawan usai kegiatan.
“Maka itu kami menunggu aksi dan program kegiatan kepengurusan KAN Pauh IX yang baru terpilih nantinya untuk bekerjasama dengan kita untuk kemaslahatan warga Padang tentunya. Terutama menjaga dan mewarisi falsafah kehidupan kita di Ranah Minang yakni Adat Basandi Syara’-Syara’ Basandi Kitabullah’.
Insya Allah ini akan kita persembahkan kepada para generasi muda selaku calon pemimpin di masa datang,” sambung Hendri Septa yang disambut antusias hadirin saat itu.
Lebih lanjut Wako Padang itu juga menyebutkan, sejatinya cukup banyak program Pemko Padang yang dapat disinergikan dengan KAN Pauh IX ke depan. Salah satu diantaranya adalah dalam mewarisi seni budaya dan tradisi Minangkabau di tengah masyarakat khususnya generasi.
“Bagaimana adat, seni dan budaya warisan lokal yang kita miliki terus diwarisi secara baik. Karena kita tidak menginginkan ada generasi muda kita yang tidak tahu dengan adat dan budaya yang dianut selama ini. Insya Allah, bersama KAN Pauh IX hal ini siap kita implementasikan bagi dunia pendidikan khususnya mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat. Nanti akan kita coba masukkan ke kegiatan ekstrakurikuler sekolah,” ujar orang nomor satu di Kota Padang itu bersemangat.
Sementara itu Ketua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam juga ikut mengapresiasi digelarnya musyawarah pemilihan Ketua KAN Pauh IX beserta kepengurusan periode 2021-2026 tersebut.
“Semoga ketua terpilih akan bisa membawa KAN Pauh IX lebih maju lagi. Yang terpenting adalah bagaimana bisa menjalankan fungsi dan peran KAN secara baik di tengah masyarakat,” harapnya.
Sementara itu, Indra Mairizal selaku Ketua Pelaksana Musyawarah Pemilihan Ketua KAN Pauh IX Periode 2021-2026 pemilihan tersebut menyebutkan pemilihan tersebut dilakukan berdasarkan telah habisnya masa jabatan ketua dan pengurus KAN Pauh IX sebelumnya tepat 24 Agustus 2021.
Proses pemilihan katanya, melibatkan Ninik Mamak serta melibatkan perwakilan 9 (sembilan) tepian tepian suku di Kanagarian Pauh IX.
“Sesuai kriteria yang ditentukan kita menerima siapa yang ditunjuk sebagai calon Ketua KAN Pauh IX periode 2021-2026 melalui musyawarah kali ini. Atas nama panitia penyelenggara kita mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Terkhusus kepada bapak Wali Kota Padang, di samping menghadiri dan membuka acara secara resmi, juga memberikan dukungan baik moril dan materil untuk acara ini,” ungkap Indra.
Gusti/hms
Bagikan
Baca Juga  Menindak Lanjuti Komitmen POLRI Dalam Pemberantasan Segala Bentuk Perjudian (303) Pelaku Togel Berhasil di Amankan

Tinggalkan Balasan