Wako Pariaman Genius Umar, Buka Jalan Sepanjang 2,5 km Tanpa Dana Di Desa Batang Tajongkek

SumbarTodayNews Kota Pariaman — Wako Pariaman Genius Umar, Buka Jalan Sepanjang 2,5 km Tanpa Dana Di Desa Batang Tajongkek,  Untuk melancarkan akses lalu lintas Masyarakat, dan mengembangkan program wisata water front city di Kota Pariaman, Walikota Pariaman Genius Umar mengajak Kepala Desa Batang Tajongkek dibantu oleh masyarakat sekitar secara gotong royong membuka lahan untuk akses jalan dan lokasi wisata water front city di lokasi tersebut.

Genius Umar sebutkan dalam setiap membangun wilayah di Kota Pariaman, beliau selalu melibatkan tokoh masyarakat, niniak mamak dan pemangku adat. Hal ini bertujuan menciptakan nilai kepedulian terhadap sanak kemenakannya yang berdomisili disekitar area lokasi pembangunan yang akan dibangun.

“Contohnya saja, membangun membuka jalan untuk waterfront city disepanjang aliran sungai batang mangau ini, kita rangkul semua tokoh masyarakat dan niniak mamak dalam wilayah Kurai Taji ini, kita libatkan langsung tokoh masyarakat dalam setiap kegiatan,” ujar Genius.

Hal tersebut terlihat dari turunnya semua tokoh masyarakat dan niniak mamak di wilayah Kurai Taji ini, juga keikutsertaan ibu-ibu PKK dan masyarakat setempat hadir untuk menyediakan sarapan dan makan siang buat mereka yang gotong royong, dibantu oleh Dapur Umum dari Tagana Kota Pariaman.

Pembukaan lahan jalan untuk program water front city di Desa Batang Tajongkek ini mempunyai panjang lebih kurang sekitar 2.5 km.

Untuk membuka lahan tersebut harus melalui kebun pepaya warga Desa Batang Tajongkek, untuk itu Kepala Desa melakukan negosiasi dengan pemilik kebun dimana untuk setiap batang pohon yang ditebang dibeli oleh Pemerintah Desa dengan dana swadaya senilai Rp. 50 ribu/perbatangnya.

Hal tersebut disetujui oleh pemilik kebun, apalagi tanah yang akan dipakai untuk jalan tersebut adalah untuk keperluan masyarakat Desa Batang Tajongkek sendiri.

“Kita ucapkan terima kasih atas dukungan dari para tokoh masyarakat, niniak mamak, kepala desa dan perangkatnya atas dukungan dalam pembangunan kawasan Waterfornt City ini, kepada perantau yang berasal dari Kota Pariaman juga kita harapkan untuk terus mendukung juga agar kita mampu wujudkan Kota Pariaman yang indah, dan memiliki dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat,” pungkas Genius Umar dIakhir wawancara nya dengan Tim Peliput MCP.(tachi)

Bagikan

Tinggalkan Balasan