Wali Kota Medan Membuka Hari Kesiagaan Bencana di Danau Siombak Jalan Nippon

Medan, Sumbartodaysnews– Wali Kota Medan Membuka Hari Kesiagaan Bencana di Danau Siombak Jalan Nippon. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution membuka Hari Kesiagaan Bencana (HKB) yang dipusatkan di Danau Siombak Jalan Nippon, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Minggu (24/10). Di kesempatan itu, orang nomor satu di Pemko Medan ini menekankan agar jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan agar siap untuk menghadapi kemungkinan terjadinya banjir.

Penekanan ini disampaikan Bobby Nasution setelah mendapat informasi ada potensi kemungkinan curah hujan akan semakin tinggi untuk wilayah Sumatera, termasuk Kota Medan sehingga tidak tertutup terjadinya banjir. Oleh karenanya Bobby Nasution minta kepada seluruh jajaran BPBD Kota Medan untuk siaga dan mewaspadai kemungkinan itu terjadi.

“Kita harus berusaha untuk mencegah dan menangani persoalan banjir. Tinggi genangan, luas genangan dan intensitas genangan air harus bisa kita tekan guna meminimalisir terjadinya banjir. Yang lebih penting lagi, keselamatan masyarakat harus tetap nomor satu,” kata Bobby Nasution dalam arahannya.

Baca Juga  PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan jaringan listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru

Kemudian Bobby Nasution juga menekankan agar kegiatan seperti ini jangan hanya seremonial tapi bisa memberikan manfaat sesuai dengan tema yang diusung HKB yakni ‘Siap untuk Selamat, Kita Jaga Alam Jaga Kita”.

“Mari kita maknai tema ini dengan perbuatan nyata. Persiapkan diri dan edukasi masyarakat agar tanggap bencana. Di samping itu marilah kita bersama-sama untuk menjaga alam, sehingga alam nantinya akan menjaga kita,” ungkapnya.

Selain gotong royong dengan membersihkan sampah di Danau Siombak dengan menurunkan puluhan perahu karet serta bazar UMKM, HKB juga diisi dengan pemberian secara simbolis bantuan peralatan kebersihan dan korban angin puting beliung yang diserahkan Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK. Setelah itu Bobby Nasution meninjau peralatan penanganan bencana dan evakuasi. Dilanjutkan dengan peninjauan bazar UMKM yang menghadirkan aneka produk kuliner dan non kuliner.

Baca Juga  Korpri TNI AD Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Sebelumnya, HKB diawali dengan Apel Kesiagaan Bencana dimana Bobby Nasution menjadi pembina apel yang diikuti unsur Forkopimda, Kepala BPBD Kota Medan HM Husni, para Asisten Setda Kota Medan, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Tagana, Pramuka, pegiat dan relawan kebencanaan. Usai apel langsung dilanjutkan dengan aksi bersihkan Danau Siombak dari sampah dengan mengusung semangat kolaborasi.

Kepala BPBD Kota Medan HM Husni mengatakan, HKB kali ini menyatupadukan segenap potensi dan berkolaborasi dalam mencegah dan menangani bencana. Dikatakannya, Kota Medan harus menjadi triger dalam penyatuan dan kolaborasi ini. “Alhamdulillah, kesepakatan sudah ada, baik dari Pemerintah Provinsi, Basarnas, Medan dan ini akan kita luaskan,” ungkap Husni.

Deteksi dini ini, kata Husni, sebagaimana yang diingatkan Wali Kota, akan menjadi perhatian. Penanganan bencana, jelasnya, tidak hanya dilakukan saat bencana terjadi, namun dari mulai prabencana, bencana dan pasca bencana, termasuk mitigasi melalui sebuah sistem yang coba disatupadukan.

Baca Juga  MOMEN BERSEJARAH : NY. DEWI SUTAN RISKA IKUTI KONGRES BUNDO KANDUANG SE-DUNIA

“Kami yakin, jika kita bisa berkolaborasi dan menyatupadukan kekuatan segenap pegiat bencana, Medan juga Sumut mampu mengatasi bencana yang ada,” ujarnya optimis.

Selanjutnya menyikapi perintah Bobby Nasution agar BPBD fokus pada penanganan banjir, Husni mengatakan, pada tahap awal ini sebelum curah hujan meninggi pihaknya akan membuka Posko Terpadu yang akan dilakukan akhir bulan nanti. Rencananya, jelas Husni, Posko Terpadu akan dibuka di kawasan Belawan serta titik-titik rawan banjir lain sebagai upaya membangun empati kepada publik.

#Nasril/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan