Wali Kota Medan Menerima Kunjungan Kerja Wali Kota Solok

MEDAN, Sumbartodaynews – Rabu (27/10) siang, Wali Kota Medan menerima kunjungan kerja Wali Kota Solok H Zul Elfian Umar di Balai Kota Medan. Selain bersilaturahmi, kunjungan dilakukan untuk sharing informasi terkait Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah (TKDP). Hasil sharing selanjutnya akan menjadi bahan masukan untuk diterapkan di Kota Solok.

Selain menyampaikan ucapan selamat datang serta memaparkan sekilas tentang Kota Medan serta visi misi Medan Berkah, Maju dan Kondusif, Bobby Nasution juga memaparkan lima program prioritas yang kini fokus ditangani Pemko Medan yakni bidang kesehatan terkait penanganan Covid-19, penanganan banjir, pembenahan infrastruktur, kebersihan dan pembenahan kawasan heritage dengan dua program penunjang yakni peningkatan PAD dan reformasi birokrasi mengawali pertemuan.

Baca Juga  Pemkab Pasbar Serahkan 9 Bantuan Huntara Baznas Provinsi Sumbar Kepada Mustahik Di Timbo Abu

Selanjutnya, giliran Wali Kota Solok H Zul Elfian Umar menyampaikan sambutan singkatnya. Di samping mengungkapkan kegembiraan atas sambutan hangat dari Pemko Medan, Zul Elfian juga menjelaskan tujuan kedatangan mereka yakni sharing tentang penerapan TKDP yang telah diterapkan Pemko Medan saat ini.

Guna menjelaskan secara rinci tentang TKDP, Bobby Nasution kemudian meminta Kaban Kesbangpol Medan Arjuna Sembiring untuk memaparkannya. Arjuna menjelaskan, TKDP bertugas merencanakan, melaksanakan dan merumuskan kegiatan kewaspadaan dini. Di samping itu, imbuhnya, juga bertugas mencari, mengumpulkan, mengkoordinasikan serta mengkomunikasikan data/informasi/bahan keterangan dengan unsur intelijen daerah lainnya mengenai potensi, gejala atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di Kota Medan.

Baca Juga  Genius Umar Ingatkan BPD Selektif Awasi Pengelolaan Dana Desa

Lebih jauh Arjuna memaparkan, TKDP juga mengkoordinasikan fungsi dan kegiatan Tim Kewaspadaan Dini Kecamatan/Kelurahan dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Kota Medan dalam pelaksanaan kewaspadaan dini terhadap potensi, gejala atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan di daerah yang mengancam stabilitas nasional. Bahkan, ungkapnya, kepala lingkungan (kepling) juga turut membantu tim kewaspadaan dini.

“Selain itu TKDP juga bertugas memberikan rekomendasi kepada Wali Kota sebagai bahan pencegahan dini terhadap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di Kota Medan,” jelas Arjuna.

Usai Kaban Kesbangpol memaparkan TKDP, Bobby Nasution selanjutnya dalam pertemuan yang berlangsung penuh ramah dan komunikatif ini, memberikan penjelasan secara detail terkait pertanyaan yang diajukan Wali Kota Solok beserta rombongan, seperti soal pengalihan sebagian kewenangan pengelolaan kebersihan kepada kecamatan, serta assesment kepling.

Baca Juga  Genius Umar Ingatkan BPD Selektif Awasi Pengelolaan Dana Desa

#Yuskendri/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan