Walikota Padang Panjang Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Meski diguyur Hujan

Padang Panjang, Sumbartodaynews  – Walikota Padang Panjang Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Meski diguyur Hujan.  upacara Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Balai Kota Padang Panjang tetap berlangsung dengan khidmat Meski diguyur hujan, Rabu (10/11).

Bertindak selaku inspektur upacara, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano. Saat membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) RI, Wako Fadly memilih turun dari mimbar dan berhujan-hujan bersama seluruh peserta upacara hingga upacara selesai.

Wako Fadly menyebutkan, dengan tema “Pahlawanku Inspirasiku” Hari Pahlawan diharapkan menjadi sebuah momentum sekaligus inspirasi bagi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menghadapi kehidupan selanjutnya.

Dalam amanat Mensos yang dibacakannya, negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali–kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan.

Baca Juga  Genius Umar Ingatkan BPD Selektif Awasi Pengelolaan Dana Desa

“Ratusan tahun kita dijajah, ratusan tahun kita terpecah belah, hingga akhirnya kita bersatu hingga saat ini,” katanya.

Disebutkan, lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan. “Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928,” sebutnya.

Dikatakan, dengan semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021“Pahlawanku Inspirasiku”.

“Kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis. Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah,” ujarnya lagi.

Baca Juga  Pemkab Pasbar Serahkan 9 Bantuan Huntara Baznas Provinsi Sumbar Kepada Mustahik Di Timbo Abu

“Pahlawanku Inspirasiku, terima kasih atas jasamu yang takkan pernah dilupakan hingga akhir hayat kami nanti,” tutup Fadly.

 

Bunga/cigus

Bagikan

Tinggalkan Balasan