Disbudparpora Dharmasraya Berikan Bimtek peningkatan SDM tentang Manajemen seni dan Tata Kelola Budaya Daerah untuk Kuatkan Peranan komunitas/ Sanggar Seni.

0

Disbudparpora Dharmasraya Berikan Bimtek peningkatan SDM tentang Manajemen seni dan Tata Kelola Budaya Daerah untuk Kuatkan Peranan komunitas/ Sanggar Seni. Dharmasraya, sumbartodaynews.com — Dalam meningkatkan dan menguatkan peranan komunitas/sanggar seni di sekolah – sekolah dan di setiap nagari, Dinas budaya,pariwisata,pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya gelar Pembinaan dan Pelatihan peningkatan SDM tentang Menajemen Seni dan tata kelola Budaya daerah kepada Komunitas/Sanggar Seni, komunitas Band dan guru seni Budaya SMP dan guru seni Budaya SMK/SMA Se Dharmasraya di auditorium kantor Bupati Dharmasraya ,sabtu (15/12/23).

 

Salah satu upaya untuk menguatkan peranan tersebut adalah dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengiat seni kesenian tradisional bagi komunitas/sanggar seni dan para guru kesenian.

Kepala Dinas Budparpora H.ST.M. Taufik,SE.MM yang di wakili oleh Kabid Budaya Yusradi S.Sos.MM , menjelaskan dalam sambutannya bahwa seni tidak bisa diukur dari bentuk baik atau buruknya, karena seni memiliki nilai-nilai yang kolektif. Sehingga momen yang tepat untuk meningkatkan kompetensi kesenian tradisional itu adalah dengan meningkatkan manajemen tata kelola komunitas/sanggar seni.

Lebih lanjut yusradi juga menyampaikan bahwa perlunya meningkatkan kapasitas SDM kesenian tradisional ini bertujuan untuk memberikan pembinaan, motivasi dan memberikan terobosan baru dalam berkesenian.

“Kita ingin mewujudkan potensi dan kreativitas generasi milenial. Tidak hanya itu juga bagi pegiat seni dalam upaya merawat dan mengedukasi.Dalam bimtek ini kita usung konsep diskusi dan praktik demi memudahkan peserta untuk meningkatkan tata kelola sanggar seni nantinya.

 

Yusradi juga sampaikan Bahwa Bupati Dharmasraya sangat menjunjung tinggi seni adat dan Budaya karena termasuk visi dan misinya, Ujarnya.

Pada kegiatan tersebut Ediwar.S.sn.M..Hum.Ph.d. salah satu Narasumber pada bimtek kali ini memberikan materi Beliau katakan bahwa keberadaan komunitas/sanggar seni setidaknya menjadi ikon nagari, sehingga memiliki identitas yang kuat sebagai pelestari dan pemajuan seni budaya di nagari.

 

“Pemahaman tentang manajemen ini ada dua yang perlu diketahui. Pertama tata kelola produksi seperti struktur keorganisasian dan seksi-seksi lainnya. Kedua tata kelola kreatif yang mengacu pada koreografer, penata musik, dan yang lainnya supaya sanggar seni itu memiliki terobosan baru dalam berkesenian,” ujarnya.

Dengan berperannya komunitas/sanggar seni di masing-masing nagarinya, tentu sanggar seni akan dapat dikelola secara optimal apalagi memiliki identitasnya sendiri yang akan mampu menguatkan keberadaan sanggar seni di nagari nagari yang ada di kabupaten Dharmasraya.

Hadir pada bimtek peningkatan SDM tentang menajemen seni dan tata kelola Budaya daerah kali ini dua Narasumber Bapak Ediwar.S.sn.M.Hum.Ph d.Dosen ISI padang panjang Dan Bapak Sekry Budiman.S.sn. dari dinas Budaya propinsi sumatera Barat,Kadis budparpora Dharmasraya yang di wakili kabid Budaya Bapak Yusradi.S.Sos.MM., Pamong budaya Disbudparpora ibu Yurnida Hs.S.Sos, para ketua sanggar seni, komunitas Band,para guru kesenian SMP-SMA/SMK SeDharmasraya dan para tamu undangan.

 

# Dimetri piliang.

Bagikan

Tinggalkan Balasan