Pemprov Sumbar Berupaya Maksimalkan Bandara Rokot Mentawai untuk Pesawat Besar

0

Pemprov Sumbar Berupaya Maksimalkan Bandara Rokot Mentawai untuk Pesawat Besar

Sumbartodaynews – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sedang berupaya keras untuk memaksimalkan potensi Bandara Rokot di Mentawai dengan tujuan agar pesawat berukuran lebih besar dapat mendarat di sana. Fokus dari upaya ini adalah memastikan bahwa rute penerbangan Padang-Mentawai dapat dilayani oleh maskapai yang menggunakan pesawat ATR 72-600 berkapasitas hingga 78 penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Dedy Diantolani, menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumbar saat ini tengah menjalin kerjasama dengan berbagai maskapai guna memastikan ketersediaan layanan penerbangan tersebut sebelum Bandara Rokot Mentawai diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Selama ini, rute Padang-Mentawai hanya dilayani oleh pesawat Cessna Grand Caravan dengan kapasitas terbatas sebanyak 12 orang. Hal ini disebabkan oleh kondisi bandara lama yang memiliki landasan pacu berukuran 850 x 23 meter. Namun, dengan dibangunnya bandara baru yang memiliki landasan pacu berukuran 1.500 x 30 meter, Bandara Rokot akan mampu menampung pesawat lebih besar seperti ATR 72-600 dengan kapasitas maksimal 78 penumpang.

Baca Juga  Luar Biasa, masyarakat Padati LCM Dukung Timnas U23

Meskipun belum ada maskapai yang memberikan kepastian untuk melayani rute tersebut, Gubernur Mahyeldi sebelumnya telah menjajaki kemungkinan kerjasama ini dengan GM Garuda Indonesia Padang, Raditya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, juga menekankan bahwa Bandara Rokot Mentawai akan menjadi faktor pendukung penting dalam pengembangan sektor pariwisata di daerah tersebut. Akses yang lebih mudah ke Mentawai diharapkan akan mempercepat pertumbuhan pariwisata di kawasan tersebut, dengan harapan agar ada maskapai dengan pesawat ATR 72-600 yang siap melayani rute yang sangat potensial ini.

(*)

Bagikan

Tinggalkan Balasan