Timpeh sukses laksanakan HLUN,Bantuan kemensos terealisasi.

0

Timpeh sukses laksanakan HLUN,Bantuan kemensos terealisasi.DHARMASRAYA, SUMBAR TODAY NEWS COM — Acara puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27, dan Hari Ulang Tahun (HUT) Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke-19 sukses dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Senin (29/5/23), dengan tema HLUN tahun ini Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.

Kegiatan dipusatkan di halaman Kantor Bupati Dharmasraya dihadiri lansung oleh ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya pariyanto SH , Dan forkopimda serta diikuti secara virtual oleh 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Dharmasraya termasuk Kecamatan Timpeh.yang mana kecamatan timpeh dipusatkan dihalaman kantor camat Timpeh.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam Hari Lanjut Usia di Kecamatan Timpeh antara lain pemberian bantuan sandang dan nutrisi, pemberian bantuan aksesibilitas (alat bantu), rumah sejahtera terpadu, operasi katarak, pemeriksaan kesehatan dasar, fisioterapi, bimbingan teknis perawatan lanjut usia kepada pendamping sosial dan pencanangan duta lansia.

 

Jumlah penerima bantuan sebanyak 791orang lanjut usia di Kecamatan timpeh yang telah melalui proses asesmen, verifikasi dan validasi dengan nilai total bantuan sebesar Rp. 1.044.723.743 (Satu Milyar empat Puluh empat juta tujuh ratus dua puluh tiga Ribu Tujuh Ratus Empat puluh tiga Rupiah).

Bantuan tersebut disalurkan oleh Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Sentra gau mabaji gowwa sulawesi selatan, sentra Wyata Guna Bandung,BBPPKS padang , BPPKS Banjarmasin,Balai poltekes Bandunh,serta pemberian bantuan kewirausahaan sebanyak 30 pra lansia.

Camat Timpeh Riski Rulien Putra S.STP.M.Si.yang di dampingi koordinator wali kecamatan timpeh Harmanto dan DT.Mangku,Riski mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Sosial atas bantuan yang telah di terima oleh lansia di Kabupaten Dharmasraya, khususnya di Kecamatan Timpeh. Bantuan tersebut menurut Riski diharapkan dapat menbantu serta meringankan beban para lansia.

Dalam Peringatan Hari Lanjut Usia Tahun 2023 di Kecamatan timpeh di Awali senam lansia dan disediakan fasilitas layanan bagi lansia antara lain pemeriksaan kesehatan (tekanan darah, cek gula darah oleh Puskesmas timpeh, fisioterapi dan pembentukan lumbung sosial oleh Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam.

Salah satu Rangkaian acara yang di ikuti dari kecamatan Timpeh adalah secara Virtual dengan mentri sosial RI dan Komisi VIII DPR RI, Melalui sambutannya Bupati Sutan Riska mengajak para lansia untuk selalu bersyukur dan tetap jaga kesehatan agar selalu sehat dan produktif.

Kegiatan ini
Dihadiri oleh Kepala Sentra gau mabaji gowwa, kepala sentra Wyata guna bandung,kepala Kepala BBPPKS banjarmasin,BBPPKS Padang, poltekes bandung,Camat timpeh beserta jajarannya,kepala puskesmas Timpeh dan beringin sakti, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sekecamatan timpeh,LKAM Timpeh, KAN Timpeh, Wali Nagari Timpeh febri gusneli yunud DT.Mangku,Wali Nagari Taratak tinggi Debita danuarja, Wali Nagari Tabek Harmanto DT.Mangkuto, serta Wali Nagari panyubarangan Bakry dan wali nagari Ranah palabi, Bamus dan LPM sekecamatan Timpeh,ketua pemuda sekecamatan timpeh,niniak mamak, alim ulama ,cadiek pandai serta bundo kanduang

# Dimetri piliang

Bagikan

Tinggalkan Balasan